Stellarium

Halo semua...
Kali ini saya mau berbagi info soal..... program tentang langit :)

Pernah bayangin nggak, kalo siang saat ini di atas kepala kamu ada bintang? Nggak? Kenapa? Oh, aku tahu, karena Bu Guru waktu TK bilangnya bintang muncul malam hari, kan? Aku kasih tahu ya, itu salah! Terus siang hari ada bintang nggak ya? Iya? Yap bener banget, siang hari tetep ada bintang, tapi hanya ada satu bintang gede yang keliatan dari bumi. Namanya Matahari.
Matahari sebenarnya

Terus kenapa yang kelihatan cuma matahari? Apa bener nggak ada bintang di langit selain matahari di siang hari? Sebenarnya ada, dan banyak sekali. Sayangnya karena matahari merupakan bintang yang PALING dekat dengan Bumi, makanya sinarnya lebih terang dari bintang-bintang lain yang jaraknya berjuta-juta tahun cahaya. Sinar bintang-bintang lain itu kalah dari matahari, sehingga saat siang hari hanya matahari yang keliatan. Tapi kamu penasaran sama bintang yang ada di atas kepala kamu selain matahari saat siang ini? 
(note: 1 tahun cahaya(ly) = 150.000.000 km )

Teknologi modern zaman sekarang membuat perkembangan ilmu astronomi berkembang pesat. Para ilmuwan 
sekarang sudah dapat membuat program yang dapat membantu kita dalam mempelajari langit. Program-program tersebut menyuguhkan banyak informasi mengenai langit, seperti bintang, galaksi, dan lain-lain. Salah satu program astronomi tersebut adalah Stellarium.

Stellarium adalah program langit yang simpel dan indah :). Program ini menampilkan keadaan langit dari bumi. Kita bisa melihat bintang, nebula, dan planet lewat program ini. Asyiknya lagi, kita dapat mengamati pergerakan bintang dari bumi, seperti terbit dan tenggelamnya. Apabila kita melihat bintang di langit dan penasaran akan namanya, buka saja program stellarium ini dan setting tempat serta waktu yang sama dengan keadaan sebenarnya (contoh: lokasi magelang jam 20.00 WIB). Setelah itu arahkan pandangan program stellarium sesuai dengan arah kita menghadap langit. Coba cari bintang yang kita cari di stellarium, dan Tada...!! Apabila sudah ditemukan, kita bisa tahu magnitudonya,  jaraknya, dll. Kayak planetarium deh..
http://www.stellarium.org/img/screenshots/0.10-planets.jpg keliatan tuh planetnya.. :)

Rasi bintang juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri di program ini. kita bisa tahu hubungan antar bintang yang membentuk rasi tersendiri, hanya saja stellarium hanya dirancang dengan rasi yunani. Jadi, kita bisa tahu yang namanya Lyra, Virgo, Ursa Mayor, dll itu sebenarnya terdiri dari bintang apa aja dan bisa dilihat di langit jam berapa.

konstelasi bintang dan simbol gambarnya
Kita juga bisa melakukan perbesaran pada sebuah objek langit. Jadi kita dapat melihat bentuk asli benda langit tersebut.
http://screenshots.en.sftcdn.net/en/scrn/77000/77444/stellarium-portable-39.jpg bulan kalo digedein
Program ini juga bisa memperlihatkan keadaan langit di waktu yang kita inginkan. Contohnya kita bisa tahu bintang X pada jam 20.00 WIB 20.000 tahun mendatang. Asyik kan?

Oh iya, kalau kalian penasaran sama objek langit yang ada di atas kepala kalian pada siang hari, bisa kita buka stellarium terus kita lihat apa sih yang sebenarnya ada tapi tidak kelihatan saat itu?
http://a4.mzstatic.com/us/r1000/087/Purple/f1/9c/a6/mzl.jsiuwuvy.png, eh ada virgo , crater sama leo
Dengan stellarium, kita bisa belajar astronomi dengan lebih mudah.
Penasaran sama programnya?
Mau coba lihat langit lewat software ini?


Coba aja  download stellarium disini terus diinstal, dan selamat bersenang-senang :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Tulisan Lama untuk Kawan-Kawanku